Selasa, 20 Mei 2014

MENGENAL LEBIH DALAM ADMINISTRASI BISNIS


PENGERTIAN ADMINISTRASI BISNIS DAN RUANG LINGKUP KAJIANNYA

A.    PENGERTIAN ADMINISTRASI
Pengertian Administrasi Administrasi berasal dari bahasa latin: Ad yang berarti intensif dan ministrate berarti melayani, membantu, memenuhi. Jadi administrasi adalah melayani dan membantu secara intensif (Sukarna, 1990).

Pengertian administrasi dalam Bahasa Indonesia ada dua pengertian yaitu:
1. Administrasi berasal dari Bahasa Belanda, “Administrastie” yang merupakan pengertian administrasi dalam arti sempit yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik menggandakan dan sebagainya). Kegiatan ini dalam Bahasa Inggris disebut “Clerical Work”
2. Administrasi dalam arti luas berasal dari bahasa Inggris “Administration” yaitu proses kerjasama antar dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973).
Pengertian administrasi juga dikemukakan oleh para ahli diantaranya:
1.    Menurut The liang Gie mengemukakan bahwa Administrasi adalah segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
2.    Menurut sutarto mengemukakan bahwa admministrasi adalah suatu proses penyelenggaraan dan pengurusan segenap tindakan/kegiatan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan.
3.    Menurut Luther Gullick mengemukakan bahwa administrasi adalah sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
4.    Menurut John M. Pfiffner mengemukakan bahwa administrasi adalah pengerorganisasian dan pengarahan sumber-sumber yang berupa manusia/tenaga kerja dan materian untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan.
5.    William H. Newman menyebutkan bahwa administrasi adalah pemberian pedoman, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.
Secara menyeluruh administrasi mengandung beberapa elemen pokok diantaranya sebagai berikut:
1.    Sumber daya manusia dengan keahlian, teknologi, bahan baku
2.    Pembagian wewenang dan tugas
3.    Interaksi
4.    Lingkungan
5.    Sekelompok orang yang bergabung dan membentuk organisasi untuk bekerja sama
6.    Tujuan
Unsur-Unsur Administrasi Menurut The liang Gie unsur-unsur administrasi meliputi :
1.    Organisasi, merupakan rangka, struktur atau wadah dimana usaha kerjasama dilakukan.
2.    Managemen merupakan suatu proses yang menggerakkan kegiatan dalam Administrasi sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
3.    Kepegawaian, merupakan segi yag berkaitan dengan sumber tenaga manusia yang harus ada pada setiap usaha kerjasama.
4.    Keuangan, merupakan segi pembiayaan dalam setiap administrasi. Dari sinilah muncul administrasi keuangan, yang mencakup antara lain Penganggaran, pembukuan, pemeriksaaan dan sebagainya.
5.    Perlengkapan, berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan kebendaaan dan kerumah tanggaan yang selalu ada dalam setiap usaha kerjasama.
6.    Pekerjaan Kantor, yang berkaitan dengan pengumpulan, pengiriman, mengelola, menyimpan informasi.
7.    Tata Hubungan/Komunikasi, merupakan urat nadi yang memungkinkan orang dalam usaha kerjasama untuk mengetahui apa yang terjadi dan diinginkan oleh masing-masing.
8.    Publik Relation atau hubungan masyarakat yang menkaji hubungan antara organisasi dengan masyarakat diluar organisasi
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah sebagai suatu proses bentuk kerjasama secara efektif dan efesien antara seseorang dengan seseorang atau kelompok dengan kelompok untuk mewujudkan tujuan bersama yang ditentukan dan telah disepakati bersama.
Beberapa kriteria Administrasi adalah sebagai berikut:
1.    Efisiensi, merupakan perbandingan terbaik antara input dengan out put.
2.    Efektifitas, merupakan pencapaian hasil sepenuhnya seperti yang diinginkan atau upaya pencapaian hasil semaksimal mungkin.
3.    Rasionalitas berarti dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan logika dan akan fikiran serta tidang bertentangan dengan nilai etis.

B.     PENGERTIAN BISNIS
Bisnis adalah suatu kegiatan yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" yang berarti sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.
Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasi oleh orang yang berkecimpung didalam bidang perniagaan dalam rangka memeperbaiki standarts serta kualitas hidup mereka
Bisnis menurut Hughes dan Kapoor adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Bisnis merupakan sesuatu yang kekuatan yang mampu mengubah tatanan dunia mulai dari tingkat kesejahteraan masyarakat, struktur demografi, politik, sosial, budaya, ekonomi, komunikasi sampai pada kekuasaan. Bisnis merupakan kegiatan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia dengan mengelola sumber-sumber yang tersedia.

C.    PENGERTIAN ADMINISTRASI BISNIS
Pengertian secara umum tentang Administrasi Bisnis adalah seluruh kegiatan yang berhubungan didalam suatu perusahaan dengan tujuan untuk mencapai laba yang ditargetkan oleh perusahaan tersebut.
Ilmu administrasi niaga terkait dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan lain seperti ilmu ekonomi, psikologi, sosiologi, politik, antripoogi, lingkungan, matematika, dan statistika yang saling mengait.
Administrasi bisnis adalah bagian dari ilmu-ilmu sosial yang mempelajari proses kerja sama antara dua orang atu lebih dalam upaya mencapai suatu tujuan. Administrasi bisnis merupakan ilmu yang berfokus pada perilaku manusia. Administrasi mempunyai objek, subjek, dan metode. Objek dari ilmu administrasi adalah orang-orang dan perilakunya, subjek yang dipelajari adalah bentuk-bentuk atau bagian-bagian serta mekanisme kerja sama, sedangkan metode adalah cara atau pemikiran yang dikembangkan untuk menciptakan tujuan dari kerja sama tersebut. Administrasi bisnis merupakan sebuah subsistem sosial yang mengintegrasikan masukan menjadi keluaran dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia.
Administrasi bisnis adalah kegiatan dari organisasi-organisasi niaga dalam usahanya mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan dan dalam kegiatannya tidak mempertimbangkan kepentingan kesejahteraan rakyat tetapi memperhitungkan kepentingan kesejahteraan individu atau kelompok.
Pengertian Administrasi  Bisnis menurut para ahli adalah sebagai berikut:
a)        Menurut Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo menyatakan bahwa Administrasi Niaga adalah suatu organisasi niaga secara keseluruhan dan mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat bisnis objektif dan Administrasi Niaga tersebut dijalankan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.
b)        Menurut Sukarno dan Ibrahim Iblis menyatakan bahwa Administrasi Niaga adalah kegiatan dibidang produksi, transportasi, asuransi perbankan dll dibidang perusahaan swasta.
c)        Menurut Sheldo dan Urwik menyatakan bahwa Administrasi Niaga adalah industri yang berkaitan dengan penetapan kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi, penentuan arah organisasi dan kontrol tertinggi eksekutif.
d)       Menurut Y.Wayong menyatakan bahwa Administrasi Niaga adalah Keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan jasa sampai tibanya barang dan jasa tersebut ditangan konsumen.
Dalam karya besar Henry Fayol yang berjudul ADMINISTRATION INDUSTRIELLE ET GENERALE yang membawa pengaruh besar atas ide-ide manajeman bisnis di Eropa dan terutama pada sejumlah Negara latin Amerika membagi fungsi pokok “ADMINISTRATION” kedalam lima aspek pokok, antaralain:
a.         Merencanakan ( to plan)
b.        Mengorganisasi (to organize)
c.         Memimpin (to command)
d.        Melaksanakan pengkoordinasian ( to coordinate)
e.         Melaksanakan pengawasan (to control)

D.    RUANG LINGKUP ADMINISTRASI BISNIS
Bermacam-macam ruang lingkup Administrasi Niaga dan Administrasi Negara menurut para ahli diantaranya sebagai berikut:
a.         Menurut Prayudi Atmosudidjo ruang lingkup Administrasi Niaga adalah
1.        Organisasi
2.        Manajemen
3.        Tata usaha
4.        Sejarah administrasi
5.        Ensiklopedia administrasi
6.        Filsafat administrasi
b.        Menurut Drs. Soekarno ruang lingkup Administrasi Niaga adalah:
1.        Administrasi perusahaan
2.        Administrasi non perusahaan.
c.         Menurut The Liang Gie berdasarkan lingkungan, suasana, dan tujuan ruang lingkup Administrasi Niaga adalah:
1.        Administrasi penjualan
2.        Administrasi periklanan
3.        Administrasi kepasaran
4.        Administrasi keproduksian
5.        Administrasi perbankan
6.        Administrasi perhotelan
7.        Administrasi pengangkutan
d.        Menurut Sundang P. Siagan ruang lingkup Administrasi Niaga adalah:
1.       Manjemen
2.       Manejemen produksi
3.       Industrial relation
4.       Bussines education
5.       Traffic management



DAFTAR PUSTAKA
Arif Sobarudin. (2013, 21 November). Admnistrasi Bisnis/Niaga menurut para ahli. http://Bisosial.com/2013/11/21/Admnistrasi Bisnis/Niaga menurut para ahli/. [16 februari 2014].
Atmosudirdjo, P. 1998. Dasar-Dasar (pengantar studi) Admnistrasi Niaga (Bussines Admnistration). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Bung iful. (2012, 12 juni). Pengantar Ilmu Administrasi. http://bungiful.blogspot.com/2012/06/12/Pengantar ilmu Administrasi/. [16 februari 2014].

Poerwanto. 2006. New Business Administration (Paradigm Baru Pengelolaan Bisnis Di Era Dunia Tanpa Batas). Jember. Pustaka Pelajar

LP3i polteknik. (2011, 07 Desember). Administrasi Bisnis. http://lp3i.blogspot.com/2012/12/07/Administrasi Bisnis/. [15 Februari 2014]

Koko D. (2012, 22 Januari). Pengertian Administrasi bisnis dan administrasi perkantoran modern. http://kokodery.blogspot.com/2012/01/22/pengertian bisnis dan perkantoran modern. [14 februari 2014]


3 komentar: